Supaya Blog banyak Pengunjung (Traffic)

Menggunakan Sitemap Agar Search Engine Dapat Menjelajahi Website atau Blog Anda
Posted by warung blogger
Sitemap adalah peta situs yang dapat mempermudah search engine membaca setiap halaman web sehingga dapat tersimpan di dalam database search engine.

Menggunakan sitemap dapat pula meningkatkan traffic karena sebagian besar pengguna internet mencari informasi yang dibutuhkan melalui search engine.

Jenis sitemap yang diijinkan yaitu berekstensi:
1. xml
2. txt
3. sindication feed (biasanya utk blog).

Untuk membuat sitemap berformat xml anda dapat menggunakan sitemap generator google ataupun menggunakan sitemap generator pihak ketiga.Dengan menggunakan sitemap ini anda dapat membuat sitemap sampai dengan maksimum 500 halaman. Untuk membuat sitemap anda hanya memasukkan url dari web lalu tekan start, maka sitemap anda langsung jadi dan dapat mendownloadnya.

Setelah anda mempunyai file sitemap maka anda akan masuk ke google webmaster tool dan tambahkan site yang akan anda masukkan, kemudian ikuti prosedur hingga selesai.

Jalan yang paling mudah agar Google sering mengunjungi web anda adalah dengan menggunakan file sitemap seperti yang dijelaskan sebelumnya, dengan file sitemap Google akan segera tahu jika terjadi perubahan terhadap halaman web.

Sitemap untuk melink halaman yang tidak terindeks Google

Kalau anda menemukan ada halaman-halaman tertentu yang gagal diindeks Google, itu terjadi karena beberapa kasus misalnya:

1. Salah dalam manajemen link yaitu memakai javascript
2. Ada halaman yang dibuka melalui fungsi javascript window.open
3. Ada redirection page baik memakai javascript atau memakai php
4. Ada suatu link yang dipakai banyak halaman misalnya product.php?id=1, product.php?id=2 dll.

Solusi untuk kasus ini jika ingin diselesaikan dengan memakai jalan pintas adalah menambahkan setiap link yang gagal tersebut dalam sitemap. Dan file sitemap ini harus mempunyai link yang manual dari halaman utama (home).

Kalau ternyata isi sitemap menjadi terlalu besar, maka bisa dipisahkan menjadi sitemap1, sitemap2 dst. Dan tentu saja antara sitemap1 dan sitemap2 harus ada link secara manual.

0 komentar:

Posting Komentar